Mekkah, Aktual.com – Perusahaan yang dibentuk oleh Kerajaan Arab Saudi yakni National Water Company diberikan mandat secara khusus untuk menjadi satu-satunya pihak yang mengelola dan mengemas air zam-zam untuk mencegah pemalsuan dan praktik perjokian dalam distribusi air tersebut.

Petugas pemandu National Water Company Ahmad Bukhori mengatakan pihaknya mengemas air zam-zam dalam kemasan dengan label Zam Zam Water.

“Tujuan pendirian perusahaan untuk memberikan pelayanan kepada jamaah haji, jamaah umrah, maupun masyarakat umum. Supaya tidak menjadi korban praktik perjokian,” katanya, Ahad (8/9).

Keberadaan perusahaan nirlaba itu sedikit banyaknya telah membuat penyediaan dan pendistribusian air zam-zam di Mekkah semakin tertib.

Hal itu merupakan upaya Pemerintah Arab Saudi untuk menekan praktik peredaran air zam-zam palsu serta harga yang tinggi akibat praktik joki atau makelar.

Pusat pengemasan serta pendistribusian air zamzam itu berjarak empat km dari Masjidil Haram dan dalam setiap harinya mereka menyedot air dari sumur zam-zam di sekitar Hijir Ismail sebanyak 200 ribu liter untuk disaring.

(Abdul Hamid)