Jakarta, aktual.com – Arab Saudi menggelar acara Halloween yang sebelumnya pernah dilarang oleh Kerajaan Arab Saudi. Acara tersebut digelar secara besar-besaran pada Kamis (27/10) pekan lalu.

Pesta Halloween tersebut bertajuk “Akhir Pekan Menakutkan” digelar di Riyadh, Arab Saudi.

Seperti yang dilansir Arabnews, Minggu (30/10), acara tersebut diadakan untuk menampilkan penyamaran dan memamerkan desain kreatif warga Arab Saudi.

Salah seorang peserta, Abdurrahman mengatakan bahwa perayaan tersebut sangat besar tetapi soal halal atau haram ia tidak mengetahuinya.

“Ini perayaan besar, jujur, dan ada semangat kegembiraan. Soal haram atau halal, saya tidak tahu tentang itu. Kami merayakannya hanya untuk bersenang-senang dan tidak ada yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, pada saat perayaan Halloween, beberapa negara Muslim masih antusias merayakan Maulid Nabi Muhammad Saw. Arab Saudi memang dikenal sebagai negara yang melarang peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Oleh karena itu, beberapa netizen baik di Indonesia maupun Arab Saudi mengkritik adanya perayaan Halloween yang bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw.

“Tahukah anda, bahwa acara hallowen ini di Saudi Arabia dan di sisi lain negara tersebut melarang keras Acara Maulid Nabi Saw,” tulis warganet @Aliaf***

“Di arab saudi nda boleh bikin maulid tapi kalo bikin hallowen tafaddol ! Sogili ngoni wahabi,” tulis warganet @SayyedUmar****

(Rizky Zulkarnain)