Indonesian player Oktovianus Maniani (R) competes for the ball with Laos' Kitsada (L) before scoring for his team during the qualification football match in the AFF Suzuki 2010 between Indonesia and Laos, in Jakarta on December 4, 2010. Indonesia won 6-0. AFP PHOTO/ADEK BERRY (Photo credit should read ADEK BERRY/AFP/Getty Images)

Jakarta, Aktual.com — Tak hanya di klub-klub besar di luar negeri yang melakukan transfer besar-besaran. Di Indonesia juga secara mengejutkan, klub-klub besar melakukan transfer di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Seperti, Arema Cronus yang melakukannya dengan merekrut Oktovianus Maniani. Padahal, sebelumnya diketahui Okto mundur dari Persiba Balikpapan dengan alasan sudah diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil di Raja Ampat.

Okto pun secara resmi diperkenalkan Arema, Rabu (31/8) siang. Manajer umum Arema Ruddy Widodo pun mengungkapkan alasan direkrutnya mantan pemain Perseru Serui itu.

“Okto kami rekrut untuk menggantikan posisi Antoni Putro (Nugroho) yang ke Bhayangkara Surabaya United. Ini sesuai dengan kebutuhan tim pelatih yang ingin pemain sayap,” kata Ruddy.

Pemain asal Papua itu, kata dia, dikontrak untuk durasi selama putaran kedua ISC A. Namun tetap ada opsi perpanjangan kontrak, jika memang Okto menunjukkan performa yang bagus bersama tim Singo Edan.

“Arema dulu sejak zaman Pak Acub (pendiri), tidak lepas dari bakat pemain Papua. Melalui Okto ini kami coba bangun kembali hal itu, bakat bermain bola yang alami sehingga membuat permainan indah.”

Sementara, Okto memberikan penjelasan mengenai statusnya sebagai PNS di Raja Ampat, yang membuatnya pamit dari Persiba. “PNS saya di Raja Ampat aman karena saya mendapatkan izin seperti sebelumnya ketika bergabung dengan Persiba,” kata Okto.

“Saat saya berada di Papua, Arema menghubungi saya dan kemudian saya ke sini. Saya pindah ke Arema baik-baik karena sudah menyelesaikan kondisi di tim sebelumnya.”

(Wisnu)