Wisatawan mengamati Gajah Sumatra saat berlibur di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Kamis (29/6/2017). Pada libur Hari Raya Idulfitri 1438 H warga Jakarta dan sekitarnya memanfaatkannya untuk berkunjung ke sejumlah tempat wisata termasuk Taman Margasatwa Ragunan. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Arus kendaraan menuju objek wisata Kebon Binatang Ragunan di Jakarta Selatan, Senin (1/1) pagi terpantau padat dan terjadi kemacetan pada beberapa ruas jalan.

Kemacetan arus kendaraan baik roda empat maupun roda dua terjadi dari perempatan lampu merah Jalan Harsono, Jakarta Selatan hingga pintu utama KB Ragunan dengan jarak sekitar dua kilometer.

Kemacetan itu terjadi lantaran banyak pengguna kendaraan yang ingin menghabiskan waktu liburan tahun baru 2018 di KB Ragunan. Antrian terlihat ketika akan masuk ke Ragunan.

Kemacetan itu juga terjadi karena banyaknya penjual tikar dan minuman kemasan yang menjajakan dagangannya dipinggir jalan Harsono.

“Silahkan beli bu tikarnya, harganya Rp5.000,” kata salah satu pedagang tikar, Denny.

Terlihat puluhan pedagang tikar dan pedagang minuman berada di pinggir jalan.

Aparat kepolisian, Satpol PP dan petugas pengelola Ragunan diterjunkan guna membantu mengatasi macetnya lalu lintas ri kawasan Ragunan.

Petugas kepolisian dengan menggunakan pengeras suara berulang kali mengimbau para pengunjung untuk tidak menurunkan penumpang di depan pintu masuk karena akan menyebabkan kemacetan.

Petugas kepolisian dan pengelola KB Ragunan juga mengimbau agar menjaga anaknya dengan sebaik-baiknya karena dengan padatnya pengunjung seringkali terjadi kehilangan anak.

(Antara)

(Eka)