Jakarta, Aktual.com-Amerika Serikat telah memutuskan mencalonkan kembali Jim Yong Kim sebagai Presiden Bank Dunia untuk masa jabatan kedua.

“Pemilihan kembali Presiden Kim akan memungkinkan Bank Dunia untuk terus membangun … inisiatif dan reformasi penting,” kata Menteri Keuangan Jacob Lew dalam sebuah pernyataan, Kamis (25/8).

Lew memuji Kim atas usahanya untuk mengatasi tantangan pembangunan global seperti mengurangi kemiskinan, mengatasi ketimpangan dan memerangi perubahan iklim.
“Presiden Kim memelopori reformasi yang diperlukan di Bank Dunia untuk peningkatan pengetahuan yang lebih baik di dalam Bank dan meningkatkan penggunaan sumber daya keuangan yang para pemegang saham berikan,” kata Lew.

Kelompok Bank Dunia mengatakan pada Selasa bahwa dewan direktur eksekutif memutuskan untuk memulai pemilihan ketuanya, menyusul pemberitahuan dari presiden saat ini, Kim, bahwa ia tertarik menjabat kembali untuk masa jabatan lima tahun kedua. Masa jabatan Kim saat ini akan berakhir pada 30 Juni 2017.

Pencalonan untuk posisi presiden akan dibuka pada 25 Agustus dan ditutup pada 14 September, kata Bank Dunia. Setelah penutupan proses nominasi, direktur eksekutif bank akan memutuskan daftar pendek hingga tiga kandidat untuk wawancara.

Kim menjadi presiden ke-12 dari Bank Dunia pada 1 Juli 2012. Sebelum menjabat posisi tersebut, ia menjabat sebagai presiden lembaga akademis AS terkenal Dartmouth College.

()