Jakarta, Aktual.com — Selama masa angkutan lebaran 2015 terhitung mulai H-15 hingga H+2 kemarin,  PT ASDP Indonesia Ferry mencatatkan telah menyeberangkan sebanyak 2.281.756 orang penumpang, 301.138 unit motor dan 281.488 unit mobil. Jumlah ini terpantau dari 8 lintasan penyeberangan padat pemudik di seluruh Indonesia yaitu Merak-Bakauheni, Ujung-Kamal, Ketapang-Gilimanuk, Lembar-Padangbai, Kayangan-Pototano,Balikpapan-Penajam dan Bangka-Tanjung Apiapi.

Sebagai informasi, pada periode yang sama, secara akumulatif pemudik tahun ini meningkat sebanyak 5.7% untuk penumpang, 4.8% untuk motor dan 7% untuk kendaraan roda empat/lebih. Tahun lalu perseroan mampu menyeberangkan 2.253.865 orang, 287.572 motor dan 263.507 mobil.

“Peningkatan ini sudah kita prediksikan sebelumnya. Oleh karena itu sejak jauh hari kita sudah memperbaiki banyak hal agar bisa memberikan kenyamanan perjalanan mudik saudara-saudara kita,” kata Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Danang S. Baskoro dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (22/7).

Lanjutnya, kesiapan armada, perbaikan fasilitas dan sarana pelabuhan, kesiapan pengamanan, kesiapan SDM dan pelayanan informasi pemudik sudah disiapkan oleh perseroan sejak lama, dan yang paling nyata, ada peningkatan trip kapal yang melayani hingga 15%, dari 8.812 trip tahun lalu menjadi 10.918 trip tahun ini.

“Hasilnya adalah mudik yang cepat dan hampir tanpa antrian di hampir seluruh pelabuhan penyeberangan,” ujar dia.

Sementara untuk sisa arus balik dari H+3 hingga H+7 kedepan, Danang menegaskan bahwa pihaknya tetap akan memaksimalkan pelayanan dan segala sumber daya yang ada untuk memastikan pemudik bisa kembali ke tempat asalnya masing-masing dengan selamat dan aman.

“Kami dengan dukungan berbagai pihak tetap akan bersiaga 24 jam nonstop agar arus balik pemudik bisa lancar, aman, selamat dan menyenangkan,” tandasnya.

(Eka)