Jakarta, Aktual.com – Australia raih kemenangan tipis 1-0 atas Tunisia dalam pertandingan kedua mereka di Grup D di Al-Janoub Stadium, Doha, Sabtu (26/11) malam WIB lewat gol Mitchell Duke.

Kemenangan Australia atas Tunisia ini merupakan kemenangan pertama Socceroos di putaran final Piala Dunia selama 12 tahun terakhir.

Dalam pertandingan pertama mereka, Tunisia bisa menahan imbang menahan imbang Denmark tanpa gol 0-0. Sedangkan Socceroos Australia kalah telak 1-4 dari Prancis.

Kemenangan ini membuat Australia untuk sementara menempati peringkat dua di bawah Prancis dengan tiga poin, sementara itu Tunisia duduk di dasar Grup D setelah hanya meraih 1 poin dari dua pertandingan.

Australia, yang membutuhkan kemenangan, langsung mengambil inisiatif serangan sejak pertandingan dimulai dan Tunisia beberapa kali melancarkan serangan balik.

Tim Socceroos berhasil mencetak gol pada menit ke-23. Craig Goodwin menusuk dari sisi kiri sebelum mengirimkan bola ke depan gawang, yang berhasil ditanduk Mitchell Duke masuk ke gawang, meski dijaga pemain Tunisia. Kedudukan menjadi 1-0.

Tunisia mencoba membalas gol itu dengan menaikkan intensitas serangan mereka. Namun, dua peluang dari Mohamed Drager dan Youssef Msakni masih gagal berbuah gol. Skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda istirahat, Tunisia kembali bermain agresif untuk mencoba menyamakan kedudukan. Di beberapa menit awal, tekanan pun berhasil dilancarkan ke arah gawang Australia.

Australia membalas pada menit ke-55. Irvine memberikan bola ke Goodwin di kiri ke area pertahanan Tunisia. Goodwin kemudian mengirim bola ke tengah, tetapi tidak ada rekan setimnya yang menyambut.

Tunisia terus menekan. Pada menit ke-65, tembakan Youssef Msakni masih kena blok Aaron Moy. Tekanan sepertinya belum akan berhenti, tetapi bola pada akhirnya bisa diamankan kiper Mathew Ryan.

Pada menit ke-71, Australia hampir mencetak gol. Sayang, Mathew Leckie gagal menyambut umpan silang dari sisi kiri di depan gawang.

Kali ini giliran Tunisia menciptakan peluang pada menit ke-87. Naim Sliti mencoba menggiring bola mendekati gawang lawan di tengah rapatnya pemain bertahan Australia. Bola kemudian ditendang Wahbi Khazri yang masih mengarah tepat ke kiper Australia.

Tunisia terus berusaha mencari gol penyeimbang di sisa pertandingan. Namun, tidak ada gol tambahan dengan Australia menang 1-0 atas Tunisia.

Susunan Pemain:
Tunisia (3-4-2-1): Aymen Dahmen; Montassar Talbi, Yassine Meriah, Dylan Bronn (Kechrida 73′), Mohamed Drager (Sassi 46′), Ali Abdi; Aissa Laidouni (Wahbi Khazri 67′), Ellyes Skhiri; Naim Sliti, Issam Jebali (Khenissi 73′), Youssed Msakni.

Australia (4-4-2): Mat Ryan; Fran Karacic (Miloš Degenek 75′), Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Aaron Mooy, Jackson Irvine, Riley McGree (Hrustić 64′); Mat Leckie (Kole Baccus 85′), Mitchell Duke (Maclaren 64′), Craig Goodwin (Awer Bul Mabil 85′).

(As'ad Syamsul Abidin)