Jakarta, Aktual.com — Jika Anda saat ini sedang dalam perawatan atau mengkonsumsi obat-obatan dari dokter sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis minuman. Karena, jika Anda sembarang meminumnya bakal berakibat fatal.

Terutama, beberapa jenis jus buah dapat mengubah cara kerja obat, sehingga tidak efektif menyembuhkan Anda dari penyakit yang sedang diderita. Jadi, jangan sesekali minum aneka jus buah seperti yang dilansir dari laman Thehealthsite, Jumat (26/8).

Grapefruit Jus, jenis jus ini dapat bereaksi terhadap 40 jenis obat yang berbeda. Hindari jus ini di pagi hari atau konsumsi dengan obat-obatan jika memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kelainan irama jantung. Apalagi, berdasarkan studi telah menemukan bahwa obat yang diresepkan untuk kondisi ini kurang menguntungkan bila berinteraksi dengan jus grapefruit.

Kemudian, jus cranberi, jika Anda telah mengkonsumsi obat jantung, stroke dan pembekuan darah, hindari jus ini, karena dapat berinteraksi dengan obat-obatan tersebut. Studi telah menemukan bahwa jus cranberi mengandung flavonoid dan senyawa yang berpotensi mempengaruhi metabolisme atau faktor pembekuan darah.

Jus apel, berdasarkan studi terbaru telah menemukan bahwa jus apel dapat mempengaruhi penyerapan obat, terutama warfarin. Pasien yang menjalani kemoterapi atau mengkonsumsi obat hipertensi, maka harus menghindari jus apel sebagai minuman sehat.

Selanjutnya jus nanas, jika Anda dalam kondisi mengonsumsi obat pengencer darah, hindari jus nanas. Karena, nanas mengandung senyawa yang dikenal beromelain, sehingga dapat mempengaruhi kemampuan pembekuan darah dari obat. Bromelain juga dikenal dapat berinteraksi dengan antibiotik dan obat-obatan penenang. Jadi, jika Anda menderita infeksi bakteri atau mengonsumsi obat-obatan depresi, maka hindari minum jus nanas.

Jus jeruk, berdasarkan studi yang telah menemukan bahwa jus jeruk dapat membuat obat-obatan kurang efektif. Jus jeruk diketahui mengurangi efektivitas beta bloker secara signifikan.

(Wisnu)