Medan, Aktual.com – Penumpang pesawat terbang di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara, membludak hingga mencapai 123.562 orang dari 978 pergerakan pesawat sejak 19 sampai dengan 23 Desember 2022 menjelang Natal dan Tahun Baru 2023.

“Kondisi Bandara Kualanamu saat ini mulai ramai dengan penumpang yang melakukan perjalanan, baik untuk merayakan Natal maupun Tahun Baru 2023,” kata Director of Operation PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Internasional Kualanamu Heriyanto Wibowo di Medan, Sabtu (24/12).

Heriyanto menyebutkan prediksi titik arus mudik puncak jatuh pada Sabtu (24/12) dan untuk puncak arus balik pada 2 Januari 2023.

Dalam mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, sampai saat ini tercatat beberapa maskapai yang menyiapkan tambahan jumlah penerbangan atau ekstra flight seperti Garuda Indonesia dengan frekuensi enam kali dalam seminggu.

Satu ekstra flight lainnya dari Lion Air pada 22 Desember 2022 dan 1 ekstra flight dari Batik Air pada 23 Desember 2023.

“Dengan adanya ekstra flight ini, maka diharapkan kuota penumpang yang akan melakukan perjalanan bisa terpenuhi dan imbang,” ucapnya.

Dalam rangka customer engagement, beberapa kegiatan dilaksanakan untuk menghibur pengguna jasa Bandara Udara seperti menghadirkan robot waitress bernama Bella yang secara otomatis berjalan mengelilingi kawasan boarding lounge untuk menawarkan cemilan dan minuman gratis kepada penumpang.

“Selain Bella, hadir juga Butet si ecorobot yang selalu bersia untuk membersihkan karpet di area ruang tunggu,” kata Heriyanto.

(Antara)

(A. Hilmi)