Mamuju, Aktual.com – Banjir akibat meluapnya Sungai Kalukku mengakibatkan ratusan rumah dan jalur jalan Trans Sulawesi di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terendam.

Banjir melanda sejumlah desa wilayah bagian utara Kecamatan Kalukku, di antaranya Desa Pokkang dan juga merendam jalur jalan Trans Sulawesi di Kabupaten Mamuju, Senin (25/10).

Banjir tersebut menurut warga setempat sudah menjadi langganan ketika musim hujan, sehingga butuh perhatian pemerintah setempat

“Butuh dilakukan normalisasi sungai dengan tanggul atau drainase, agar ketika air sungai meluap tidak merendam permukiman warga,” kata Karmal, salah seorang warga.

Ia mengatakan, banjir yang setiap kali terjadi di musim hujan tersebut merugikan masyarakat, karena lahan pertaniannya terendam dan juga mengakibatkan ternak hanyut.

Dia berharap agar pemerintah dapat melakukan penanggulangan banjir, agar banjir tidak lagi menghantui masyarakat ketika hujan turun.

Hal senada dikatakan Amri bahwa warga terus membersihkan rumahnya akibat genangan air dan lumpur setinggi lutut manusia.

“Banjir yang terjadi saat ini tidak merusak rumah permukiman penduduk, namun merendam barang berharga milik masyarakat yang terdapat pada ratusan permukiman,” katanya pula.

Ia berharap banjir akibat meluapnya Sungai Kalukku tersebut, dapat diantisipasi agar masyarakat tidak mengalami kerugian.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)