Jakarta, Aktual.co — Baru empat hari dilantik, Presiden Joko Widodo didemo oleh mahasiswa. Pada hari ini, Kamis (23/10) Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Bung Karno (KBM-UBK) menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.
Mahasiswa meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat merealisasikan konsep Trisakti ke dalam pemerintahan yang akan dijalankannya lima tahun ke depan.
“Kami mendesak presiden Jokowi jalankan Trisakti seperti yang pernah dijanjikan pada masa kampanye Pilpres 2014,” ungkap Valen selaku koordinator aksi.
Para pendemo juga menyuarakan, seharusnya Jokowi memilih menteri-menteri kabinet yang anti neoliberalisme
“Jokowi jangan memilih orang-orang yang neolib. Kalau itu tidak dilakukan, Jokowi berarti omong kosong. Jangan-jangan Jokowi tidak tahu apa itu Trisakti. Ini harus dipertanyakan,” tambah Valen.
Selama ini penderitaan rakyat akibat pemerintah bekerjasama pada pemodal asing dan meninggalkan kedaulatan bangsa.
“Hanya dua persen masyarakat Indonesia yang bisa mengenyam pendidikan tinggi. Kenapa Papua, Aceh, Maluku ingin merdeka? Karena kita tidak berdaulat dengan banyaknya undang-undang yang menindas rakyat. Akibatnya hasil alam kita dikeruk asing,” demikian Valen.
Sekedar diketahui, unjuk rasa mahasiswa yang pertama di masa pemerintahan Jokowi ini mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian Polsektro Gambir dan Polrestro Jakarta Pusat. 

()