Jakarta, Aktual.co — Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) memang belum mengumumkan jajaran kabinetnya termasuk untuk mengisi pos Jaksa Agung, Basrief Arief yang akan memasuki masa pensiun. Ia pun memastikan, bahwa Jokowi akan memilih sosok baru untuk menjadi orang nomor satu di korps Adhyaksa. 
“Dalam waktu dekat Pak Presiden sudah bisa umumkan Jaksa Agung yang baru, yang pasti bukan Basrief lagi,”selorohnya saat acara ‘Perpisahan Basrief Arief sebagai Jaksa Agung’ di Kejagung, Jakarta, Selasa (21/10).
Basrief mengatakan, dirinya akan pensiun mengingat usianya yang hampir menginjak 68 tahun. Dia berharap Kejaksaan akan dipimpin oleh sosok yang lebih muda.
“Saya 2010 ditunjuk pak SBY sebagai Jaksa Agung, sebelumnya saya pensiunan Wakil Jaksa Agung. November 2010 sampai Oktober 2014 berarti saya 4 tahun kurang 1 bulan (menjabat Jaksa Agung),” sebutnya.
Namun, saat disinggung apakah dirinya bersedia jika dipilih sebagai Jaksa Agung kembali. Dia menjawab masih banyak juniornya yang lebih muda.
“Usai saya hampir 68 tahun kondisi juga semakin menurun, masih ada junior saya yang masih muda dan lebih energik,” katanya.
Meski telah berakhir masa jabatannya seiring dengan bergantinya Presiden kemarin, Basrief mengaku tak akan merefleksi apa saja hal-hal yang sudah dilakukannya selama selebih 4 tahun menjabat sebagai Jaksa Agung.

()

(Nebby)