Jakarta, Aktual.com – Bulan Ramadhan merupakan momen bagi anak-anak untuk belajar menjalankan puasa bersama dengan pendampingan keluarga dan kerabat.

Melansir Antaranews berikut kiat bagi orang tua agar mampu menjadi pemantik semangat si kecil dalam menjalankan puasa.

Pertama, beri contoh kepada anak seperti apa puasa yang baik dan benar, dengan menjelaskan bahwa berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, bisa dengan menunjukkan lewat tontonan edukasi islami

Lebih lanjut, ajak anak membantu menyiapkan kebutuhan berbuka dan sahur, mulai dari hal kecil seperti menyiapkan minuman atau kudapan berbuka di sore hari.

Selanjutnya, orang tua bisa menciptakan suasana atau dekorasi Ramadhan di rumah, bisa dibuat dengan sederhana, seperti menempelkan ornamen bernuansa Ramadhan yang dibuat sendiri bersama anak.

Agar anak tidak bosan dan lemas saat menjalankan puasa, saat menjelang waktu berbuka, orang tua bisa mengajak anak melakukan latihan ringan namun tetap bermanfaat, seperti yoga, sit-up, push-up, atau senam.

Selain itu, ajak anak berbuat kebaikan dengan berbagi antar sesama, seperti menyumbang pakaian, sepatu, atau mainan yang masih layak pakai miliknya kepada orang yang membutuhkan.

Jadi, setelah anak melakukan amalan puasa, seperti mengaji, bersedekah, atau lainnya, orang tua bisa memberikan reward tertentu.

(Antara)

(Nurman Abdul Rahman)