Jakarta, Aktual.co — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas mempertanyakan komitmen Presiden terpilih Joko Widodo yang sampai saat ini belum juga menyerahkan nama-nama pembantunya di kabinet nanti.
“Saya kira harus segera (jika mempunyai komitmen itu). Harus segera menyampaikan,” kata Busyro di Gedung KPK, Jumat (17/10).
Dia mengaku, meski Jokowi sudah berkomitmen akan menyodorkan nama-nama menterinya. Tapi, kata dia, sampai saat ini belum ada laporan soal calon menteri kabinet Jokowi. “Iya sampai kemarin saya cek belum ada,” kata dia.
Dia mengaku, akan tetap menunggu soal pelaporan nama-nama menteri itu. Terlebih KPK sudah memilik data-data. “Kita kan sudah ada data, sehari saja cukup,” kata dia.
Sebelumnya KPK mengaku sudah ada komunikasi dengan Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla ihwal penelusuran rekam jejak para calon menteri. Akan tetapi, Tim Transisi belum menyerahkan satu pun nama calon menteri untuk ditindaklanjuti oleh lembaga tersebut.
Tim Transisi memang harus memberikan daftar nama calon menteri di kabinet Jokowi-Kalla. Namun, menjelang pelantikannya sebagai Presiden, belum juga menyodorkan nama-nama pembantunya ke KPK untuk ditindaklanjuti.

(Wisnu)

(Nebby)