Jakarta, Aktual.com —  Bank Indonesia (BI) menargetkan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta tumbuh 5,2-5,4 persen pada kuartal III 2015. Peningkatan penyerapan belanja daerah DKI diharapkan menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi di Ibu Kota.

Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta, Doni P. Joewono mengatakan proyeksi tersebut disesuaikan dengan berbagai indikator ekonomi yang dipantau oleh Bank Indonesia dalam beberapa bulan terakhir.

“Prediksi kami laju pertumbuhan triwulan III/2015 tak akan jauh berbeda dengan realisasi pada triwulan sebelumnya. Perekonomian di Ibu Kota akan membaik karena anggaran belanja pemerintah daerah mulai dicairkan,” ujar Doni dalam keterangan resminya, Jumat (7/8).

Dia menuturkan membaiknya pertumbuhan terutama bersumber dari sektor konstruksi terkait mulai dicairkannya anggaran belanja dan pendapatan daerah (APBD) DKI 2015. Salah satunya adalah terus bergulirnya proyek-proyek infrastruktur dan lelang kegiatan yang dilakoni oleh Pemprov DKI.

Selain pelaksanaan proyek, faktor lain yang turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Ibu Kota berasal dari sektor jasa, transportasi, dan penyediaan produk makanan dan minuman bagi masyarakat

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI, perekonomian di Jakarta pada kuartal II/2015 tumbuh 5,15 persen (y-o-y), dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 5,08 persen (y-o-y).

(Eka)