Jakarta, Aktual.co — Presiden Joko Widodo mengatakan jika dirinya tidak tahu ke DPR yang mana dia harus berhadapan sebelum menerbitkan tiga kartu sakti, yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIH), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
Menanggapi kebingungan Presiden, Koordinator Presidium Forum Mahasiswa Aktivis Pemerhati Hukum dan Demokrasi Indonesia  Andi Awal Mangantarang menilai jika Presiden Jokowi lucu.
Sebab, kata dia, saat Jokowi bingung mau menghadap ke DPR mana, berarti Jokowi sudah tidak paham dengan peraturan. DPR yang dipimpin Setya Novanto Cs adalah DPR yang sah. Mereka sudah diakui konstitusi dengan menjalankan UU MD3 dan tata tertib dewan.
“Jokowi ini lucu. Jokowi tidak tahu atau tidak mau tahu aturan,” kata Andi, Senin (10/11).
Dirinya menduga Jokowi juga berarti secara tidak langsung melegitimasi DPR tandingan yang dimotori PDIP Cs. Padahal secara konstitusi, DPR tandingan versih KIH ini tidak sah.
“Inikah kabinet profesional yang digemborkan-gemborkan? Mengerti aturan bernegara saja tidak paham, apalagi mau urus rakyat Indonesia? Rakyat sebenarnya tidak butuh film drama ‘pencitraan ala blusukan’, tapi yang rakyat mau solusi nyata? Tapi mana ada solusi kalau menabrak aturan. Makanya ini hanya lucu-lucuan,” kata Andi. 
Seperti diketahui, di Parlemen saat ini memang ada dua kubu. Kubu Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Dimana KIH yang merupakan pendukung pemerintah membentuk DPR tandingan karena merasa keinginannya tidak diakomodir KMP.

()