Ilustrasi - Cuaca hujan. (ANTARA)

Jakarta, Aktual.com –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini berkenaan dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Kamis (06/10).

Menurut siaran informasi cuaca BMKG, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang antara lain berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat juga menghadapi potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Di wilayah Provinsi DKI Jakarta, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang berpeluang terjadi pada sore dan menjelang malam hari di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Menurut BMKG, peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi atau daerah pertemuan angin meningkatkan peluang hujan di wilayah Indonesia.

BMKG menyatakan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Kalimantan Utara dan Selat Makassar, yang antara lain membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah serta dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Barat.

Di samping itu, daerah konvergensi terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Perairan Barat Sumatera Barat hingga Sumatera Barat, dari Laut Jawa hingga Bangka Belitung, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Laut Sulawesi hingga Kalimantan Utara, serta Papua hingga Papua Barat.

(Antara)

(Nurman Abdul Rahman)