Medan, aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan untuk mewaspadai potensi banjir rob bagi masyarakat di Belawan dan sekitarnya.

“Kita prediksi banjir rob terjadi pada 19 hingga 24 Oktober 2021,” terang Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan, Sugiyono di Medan, Senin (18/10) ditulis pada Selasa (19/10).

Ia menerangkan, fenomena banjir rob ini akibat aktivitas pasang air laut yang maksimum dan curah hujan tinggi, sehingga mempengaruhi banjir pesisir.

Hal ini, lanjut dia, bisa menimbulkan dampak terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan Belawan dan kawasan pesisir padat penduduk, terutama di Kecamatan Belawan, Kota Medan.

“Akibat banjir pasang air laur ini, lazimnya aktivitas masyarakat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan terganggu,” terangnya.

Pihaknya meminta masyarakat pesisir Belawan dan sekitarnya agar selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari banjir rob di wilayah pesisir.

“Kepada masyarakat pesisir kita minta agar tetap memperhatikan update (diperbarui) informasi cuaca maritim dari BMKG,” tutur Sugiyono.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)