Ilustrasi - Cuaca mendung berpotensi turun hujan.

Jakarta, aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI mengeluarkan peringatan dini potensi hujan yang disertai kilat dan angin kencang yang akan terjadi di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat pada Selasa (5/12).

BMKG melalui laman resminya yang dikutip di Jakarta, Selasa (5/12), menyebutkan bahwa kondisi cuaca yang kurang bersahabat tersebut akan berlangsung pada Selasa sore hingga malam hari.

Berdasarkan kalkulasi BMKG dalam laporannya tersebut, kondisi cuaca di Jakarta Selatan akan diawali dengan berawan pada pagi, lalu berangsur menjadi hujan dengan intensitas sedang pada siang hingga menjadi ringan pada malam hari.

Sedangkan di Jakarta Barat akan mengalami hujan sejak pagi hingga malam hari.

Sementara prakiraan untuk wilayah lainnya seperti Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur akan cerah berawan sepanjang siang hingga malam hari. Lalu untuk Kabupaten Kepulauan Seribu akan berawan tebal pada pagi, dan menjadi cerah berawan pada siang hari.

BMKG menyebutkan, suhu di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat berkisar 24-31 derajat celcius, dengan tingkat kelembapan dalam kisaran terendah 70 persen dan tertinggi 100 persen.

Tingkat suhu dan kelembapan serupa juga akan terjadi pada wilayah Jakarta Timur.

Untuk suhu di kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Pusat diprediksi dalam rentang 25-29 derajat, dengan kelembapan udara 80-95 persen.

Sedangkan Kabupaten Kepulauan Seribu akan mengalami rentang suhu sekitar 26-28 derajat celcius, dengan kelembapan udara 80-90 persen, demikian BMKG menyebutkan.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain

Tinggalkan Balasan