Ilustrasi Cuaca Mendung di sebuah wilayah indonesia

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah kota di Indonesia berpotensi mengalami cuaca berawan hingga hujan ringan pada Kamis pagi (19/1).

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Kamis, cuaca berawan berpotensi terjadi di Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Semarang, Banjarmasin, Palangka Raya, Samarinda, Ambon, Kota Jayapura, Pekanbaru, Manado, dan Padang.

Sementara itu, beberapa kota berpotensi mengalami hujan ringan di Denpasar, Jambi, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Manokwari, Mamuju, dan Makassar.

Adapun kota yang berpotensi mengalami cuaca cerah berawan ada di Jakarta Pusat, Gorontalo, Bandung, Surabaya, Tarakan, Bandar Lampung, Mataram, Kendari, Palembang, dan Medan, serta hanya Pontianak yang berpotensi berkabut.

Bergeser ke siang hari, sejumlah kota yang berpotensi diguyur hujan ringan ada di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Surabaya, Palangka Raya, Mataram, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang terjadi di Gorontalo, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Kupang. Sedangkan kota-kota yang berpotensi cerah berawan berada di Tarakan, Bandar Lampung, Kota Jayapura, Manado, dan Palembang.

Beranjak ke malam hari, BMKG memprakirakan mayoritas kota-kota di Indonesia mengalami cuaca berawan dan cerah berawan.

Cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di Banda Aceh, Serang, Jakarta Pusat, Surabaya, Pontianak, Tarakan, Kota Jayapura, Kendari, dan Palembang.

Sedangkan, kota yang diprakirakan berawan saat malam hari ada di Denpasar, Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Semarang, Pangkal Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, dan Manado.

Menurut BMKG, kota yang berpotensi hujan ringan yaitu Bandung, Banjarmasin, Palangka Raya, Samarinda, Tanjung Pinang, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, dan Medan. Sementara itu, kota yang diprakirakan mengalami hujan sedang berada saat malam hari berada di Bengkulu, Bandar Lampung, dan Padang.

Suhu di kota-kota tersebut berkisar 21 derajat Celcius hingga 31 derajat Celcius. Adapun kelembapan udara berada pada angka 60 persen sampai 100 persen.

(Arie Saputra)