Pekanbaru, Aktual.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebutkan terdapat 34 titik panas di Provinsi Riau berdasar data terbaru pada Senin (19/7).

“Sebanyak 34 titik panas itu tersebar di tujuh daerah di Riau, terbanyak terdapat di Kabupaten Pelalawan yakni 10 titik, Indragiri Hulu 8 titik dan Indragiri Hilir 6 titik panas,” kataa Prakirawan  BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna di Pekanbaru, Senin (19/7).

Berikutnya titik panas terdapat di Kabupaten Rokan Hilir dan Siak masing-masing 3 titik, Kepulauan Meranti 2 titik dan Rokan Hulu 1 titik.

“Selain di Provinsi Riau, juga tercatat sebanyak sembilan provinsi di Sumatera yang terdapat titik panas dengan total 227 titik panas yakni berasal dari Sumatera Selatan sebanyak 44 titik, Sumatera Utara sebanyak 41 titik, Lampung 25 titik dan Sumatera Barat sebanyak 24 titik,” katanya.

Kemudian Bangka Belitung 17 titik, Jambi 14 titik, Aceh 13 titik, Bengkulu 11 titik dan Kepulauan Riau 4 titik.

“Sehingga total titik api di Sumatera hari ini mencapai 227 titik panas,” katanya.

Untuk menekan karhutla, katanya, ia mengimbau masyarakat tidak membuka lahan perkebunan baru dengan cara membakar, karena selain merusak lingkungan, banyak kerugian yang bakal dialami di bidang kesehatan, pendidikan dan usaha pertanian dan perkebunan dan lainnya.

(As'ad Syamsul Abidin)