Mendung hitam dan hujan deras menerpa Jakarta,senin(9/10/2017). Dalam sepekan terakhir, wilayah Jakarta dan sekitarnya sering diguyur hujan sebagai tanda memasuki musim penghujan. Menurut prakiraan Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dari 324 zona musim di Indonesia sebanyak 131 zona akan memasuki musim hujan di bulan oktober ini. AKTUAL/Munzir

Sidoarjo, Aktual.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda, mengingatkan sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Timur, Senin (4/11) ini akan mengalami hujan deras disertai dengan angin kencang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan sesuai dengan pantauan citra satelit menunjukkan hujan intensitas sedang skala lokal disertai petir dan angin kencang terjadi sesaat pada pagi hari di sebagian wilayah di Jawa Timur.

“Terutama pada sore dan malam hari diperkirakan akan terjadi hujan deras bersifat lokal yang disertai dengan angin kencang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk pantauan pada pagi hari terpantau secara umum cuaca cerah berawan dan hujan lokal, kemudian pada sore hari berawan dan hujan lokal serta intensitas hujan yang cukup deras.

“Sedangkan pada malam hari akan terjadi hujan lokal dengan intensitas hujan yang cukup deras,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk pantauan suhu udara di wilayah Jatim berkisar antara 17 sampai dengan 35 derajat Celcius dengan kelembaban udara berkisar 40 sampai dengan 100 persen.

(Abdul Hamid)