Jakarta, aktual.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI berharap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke-77 menjadi momentum untuk terus kuat dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“NKRI adalah konsensus bangsa sehingga harus terus dijaga dan melindungi rakyat Indonesia,” kata Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (6/10).

Boy mengingatkan empat konsensus bangsa Indonesia yaitu NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat konsensus tersebut perlu terus didengungkan agar Indonesia bisa semakin maju.

“Saya berharap institusi TNI semakin jaya, kuat menjaga NKRI terutama dalam melindungi rakyat Indonesia,” ujar dia.

Upacara HUT TNI Ke-77 dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo. Peringatan hari jadi TNI tahun ini mengusung tema “TNI adalah Kita”.

Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan kekuatan TNI perlu terus selaras dengan pembangunan nasional. Untuk itu, TNI secara bertahap harus melanjutkan pemenuhan minimum essential force.

Program bela negara perlu dilanjutkan sesuai prinsip-prinsip demokrasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI yang terus menjaga kedaulatan bangsa,” kata kepala negara.

Termasuk menjaga kedaulatan NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, ucap Presiden.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)