Gorontalo, aktual.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mengalokasikan dana sebesar Rp8 miliar untuk masyarakat yang terdampak pandemi virus corona baru atau COVID-19.

“Kami sudah membuat Peraturan Bupati terkait jaring pengaman sosial. Sudah ditandatangani dan kita akan mengalokasikan bantuan untuk 22 ribu kepala keluarga yang terdampak dari pendemi ini,” ujar Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Selasa [31/3].

Ia menjelaskan jika dalam rangka pencegahan pun Pemkab Bone Bolango telah melakukan berbagai kegiatan dari tingkat kecamatan hingga desa.

“Para Kepala Desa sudah mulai melakukan penyemprotan disinfektan dan hari ini juga pihak Kepolisian dari Polres Bone Bolango telah melakukan penyemprotan,” jelasnya.

Hamim pun mengaku jika ia mengusulkan untuk menjadikan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) provinsi yang ada di Tilong Kabila untuk menjadi tempat isolasi alternatif.

Ia pun mengatakan jika Pemkab Bone Bolango telah memesan masker dan alat kelengkapan medis lainnya sepertiĀ rapid testĀ hingga alat pelindung diri (APD) yang diperkirakan akan tiba dua pekan ke depan.

“Mudah mudahan bersama kita bekerja sama dan kami menyatakan pada hari ini apapun keputusan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango mendukung sepenuhnya termasuk jika melakukan karantina wilayah,” pungkasnya.

(Eko Priyanto)