Jakarta, aktual.com – Tantangan ekonomi di tengah pandemi semakin berat. Karena itu organisasi Kadin dinilai perlu semakin berbenah dan mampu mengoptimalkan potensi di daerah. Tal kalah penting, calon ketua Kadin perlu juga memiliki rekam jejak bersih dan tak tersangkut kasus di masa lalu yang merugikan publik. Sekaligus sejalan dengan pemerintah.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, mengatakan Kadin perlu dipimpin oleh orang yang memiliki rekam jejak baik dan bersih dari kasus.

“Kadin perlu dipimpin oleh yang berpengalaman dan juga track recordnya baik dan bersih,” kata Jerry ketika dihubungi wartawan, Rabu (14/4/2021).

Jerry menilai, di tengah tantangan yang makin berat, Kadin perlu dipimpin sosok pemikir, berintegritas dan punya kredibilitas. Sementara salah satu calon memiliki rekam jejak yang kurang baik di mata publik karena terkait kasus lumpur Lapindo. Juga, dari sisi kinerja bisnisnya cenderung tidak stabil.

“Sehingga harus ada tim penjaringan dari mantan petinggi Kadin. Ini organisasi bergengsi jadi banyak yang mengincar. Bagi saya lihat juga sepak terjang para calon apakah bermasalah sisi finansial sampai utang,” ungkap dia.

(Zaenal Arifin)