Banda Aceh, Aktual.com – Fenomena langka berupa turunnya hujan es, dan belasan batang pohon bertumbangan menghantam badan jalan di lintas Seulimum-Jantho, dan Seulimum-Lamteuba akibat awan Cumulonimbus melanda wilayah Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek mengatakan, kondisi itu terjadi pada Jumat (12/7) sore, sekitar pukul 15.30 WIB.

Ia menjelaskan semula kondisi cuaca sempat dilanda angin kencang dan hujan biasa di beberapa gampong (desa), di Kecamatan Seulimum, Aceh Besar.

“Tapi beberapa saat kemudian ketika angin dan hujan terjadi, turunlah butiran es yang berukuran kecil. Kejadian ini berlangsung sekitar 10 menit,” katanya, Sabtu (13/7).

Ia mengatakan, dari keterangan masyarakat setempat menyebutkan bahwa fenomena yang sangat jarang ini telah melanda beberapa desa meliputi Lampisang, Capeung, Tanoh Abe dan Lamteuba.

“Butiran es yang turun ke tanah berukuran kecil, sehingga tidak menimbulkan dampak kerusakan terhadap lahan pertanian warga setempat,” katanya.

(Abdul Hamid)