Tembilahan, aktual.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, mengimbau kepada seluruh masyarakat setempat agar mewaspadai bencana alam yang rentan muncul pada musim hujan seperti banjir dan tanah longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Inhil, Rabu (11/12), mengatakan bencana alam yang rentan terjadi pada musim hujan yakni tanah longsor, puting beliung dan kemungkinan air pasang.

“Jadi kepada masyarakat agar tetap waspada karena kondisi saat ini sudah memasuki musim hujan. Ya kalau di daerah pesisir waspadai bencana puting beliung, tanah longsor dan ombak pasang,” ucap Yuspik.

Dia mengatakan tanah longsor merupakan bencana alam yang diprediksi akan sangat rentan terjadi saat musim hujan. Hal ini disebabkan oleh curah hujan tinggi yang dapat memicu pergerakan material tanah hingga mengakibatkan longsor.

Bencana tanah longsor rawan terjadi di daerah pesisir, terutama pada permukiman rumah warga yang berada di pinggir sungai.

Selain itu, bencana yang juga perlu diwaspadai adalah ombak pasang. Fenomena hujan lebat disertai angin kencang seringnya menimbulkan ombak. Untuk itu, masyarakat nelayan diminta agar berhati-hati saat melaut terutama pada malam hari.

“Khusus bagi masyarakat yang mata pencahariannya nelayan agar berhati-hati terhadap angin kencang dan ombak besar,” imbaunya.

Yuspik juga mengimbau kepada jajaran Polsek dan perangkat desa lainnya untuk turut memberikan pengertian kepada masyarakat di desa agar selalu waspada dan menghindari kegiatan yang dapat membahayakan jiwa. (Eko Priyanto)

(Zaenal Arifin)