Nitrogen Cair
Jajanan anak yang menggunakan bahan nitrogen cair/DOK/ANT

Pangkalpinang, Aktual.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung minta masyarakat di wilayah itu menghindari pangan olahan siap saji yang ditambahkan atau yang mengandung nitrogen cair.

Kepala Balai POM Pangkalpinang Sofiyani Chandrawati Anwar mengatakan, pastikan tidak ada residu LN2 dalam makanan tersebut serta harus memperhatikan higiene sanitasinya.

Pasalnya, pangan olahan siap saji berupa Chikibul,Smoke Snack atau Dragon Breath merupakan pangan olahan siap saji golongan pangan ekstrudat, yang dituangkan atau dicelup nitrogen cair/Liquid Nitrogen (LN2) untuk mendinginkan pangan tersebut secara cepat serta menghasilkan efek dingin dan berasap.

Risiko pada konsumen terkait potensi bahaya fisik nitrogen cair ketika dikonsumsi (frostbite) dan bahaya timbulnya gas dengan tekanan tinggi ketika nitrogen cair tertelan.

Jika nitrogen cair tertelan pada suhu biasa, nitrogen cair akan menyebabkan gas dalam lambung/saluran pencernaan dan menyebabkan kerusakan lambung. Selain itu, kemungkinan adanya cemaran nitrogen cairĀ non food grade.

Jika anak-anak ingin mengonsumsi cikibul/smoke snack/dragon breath, harus diawasi oleh orang dewasa.

Sebelum mengonsumsi pangan tersebut, harus menunggu nitrogen cair menguap sepenuhnya, yaitu sampai tidak ada lagi sisa nitrogen cair. Konsumen harus meniup dan mengunyah makanan ringan yang dilapisi nitrogen cair agar menguap sepenuhnya sebelum dikonsumsi.

“Menunggu uap keruh mereda dan memakan camilan satu per satu juga dapat membantu mengurangi risiko cedera. Selain itu, jika ada sisa nitrogen cair yang tersisa di dasar kemasan saji konsumen tidak boleh menyentuh nitrogen cairnya dan mengonsumsi baik produk maupun nitrogennya.” kata dia, Sabtu (14/1).

Dia mengimbau seluruh masyarakat atau orang tua untuk benar-benar memperhatikan anak-anaknya agar jangan sampai mengkonsumsi pangan jajanan siap saji yang membahayakan kesehatan.

BPOM juga telah menerbitkan Pedoman Mitigasi Risiko Penggunaan Nitrogen Cair pada Pangan Olahan yang dapat digunakan oleh semua pemangku kepentingan untuk mengambil kebijakan dalam pengawasannya.

(Wisnu)