Jakarta, Aktual.com – Budayawan Ridwan Saidi mengatakan Indonesia harus bangun “brand power” dalam momentum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, untuk mewujudkan masyarakat sejahtera.

“Saya menilai Indonesia harus membangun ‘brand power’, kalau energi kan selesai,” katanya di Gedung Nusantara II, Jakarta, Jumat (14/8).

Dia mengatakan Indonesia memiliki masa lalu yang hebat sehingga saat ini harus bangkit agar krisis yang melanda negeri ini berakhir.

Menurut dia, Indonesia memiliki Sumber Daya Manusia yang baik dan cerdas, misalnya banyak generasi muda Indonesia yang juara olimpiade fisika di luar negeri.

“Anak-anak Indonesia banyak yang memiliki kemampuan hebat sehingga harus mendapat ruang yang baik,” ujarnya.

Selain itu dia menilai, insiden kerusuhan di Tolikara, Papua beberapa waktu lalu jangan terlalu dibesar-besarkan. Menurut Ridwan, peristiwa itu sudah selesai karena ada mekanisme sosial yang menyelesaikannya.

“Itu (kasus Tolikara) sudah selesai, sudah ada mekanismenya,” katanya.

Ridwan menilai ada masalah besar yang harus diselesaikan, yaitu masalah kemiskinan, terutama harus dilakukan dalam momentum HUT RI ke-70.

Menurut dia, masalah konflik sosial tidak perlu dibesar-besarkan namun seharusnya fokus menyelesaikan masalah nyata di masyarakat seperti harga daging dan beras mahal.

“Kita tidak perlu membesar-besarkan (masalah konflik sosial di Tolikara), karena saat ini rakyat masih miskin dan beban hidupnya semakin berat,” ujarnya.

(Ant)

()