Jakarta, Aktual.com – Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, membuka pos pemeriksaan di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat menjelang pelaksanaan doa bersama di Jakarta, 2 Desember 2016.

“Perlu dipahami bahwa Polres Cilacap mendirikan pos pemeriksaan di perbatasan bukan untuk melarang atau menghambat masyarakat yang akan menyampaikan pendapat ke Jakarta,” kata Kepala Polres Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Yudho Hermanto di Cilacap, Jateng, Rabu (30/11).

Ia mengatakan pembukaan pos pemeriksaan di wilayah Mergo, Kecamatan Dayeuhluhur, hanya untuk memastikan jumlah yang berangkat serta kesiapan kendaraan yang digunakan agar semua bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Dalam hal ini, kata dia, personel Polres Cilacap akan memeriksa setiap kendaraan yang akan menuju Jakarta melalui jalur selatan Jateng-Jabar terutama menyangkut kelengkapan kendaraan yang digunakan.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kecelakaan seperti yang terjadi menjelang aksi damai beberapa waktu lalu.

Setelah dicek, lanjut dia, kendaraan yang mengalami kecelakaan itu ternyata tidak layak jalan.

“Pos pemeriksaan tersebut dibuka mulai Rabu (30/11) hingga 2 Desember 2016,” katanya.

Ia mengatakan setiap hari Polres Cilacap menerjunkan 150 personel untuk bertugas di pos pemeriksaan itu.

(Ant)

(Nebby)