Jember, Aktual.com – Bupati Jember, Hendy Siswanto, menghadiri acara Desiminasi dan Tindak Lanjut Program Kompetisi Kampus Merdeka yang berlangsung di Aula A. Zainuri Universitas Muhammadiyah Jember, Kamis (27/01).

Dalam acara tersebut, Bupati Jember Hendy Siswanto berkesempatan melihat secara langsung hasil karya para mahasiswa, mulai dari makanan, kerajinan, hingga teknologi.

Menurutnya, mahasiswa sebagai generasi intelektual sudah wajib hukumnya untuk membuat suatu karya yang mempunyai kebermanfaatan bagi banyak orang.

“Karya itu bisa berupa barang fisik maupun pemikiran yang melahirkan sebuah program yang hebat,” ujarnya.

Dia menyatakan siap mendukung hasil karya para mahasiswa Unmuh Jember yang mendatangkan manfaat yang baik bagi masyarakat Jember.

“Ada tiga prinsip dan ini harus selalu ada pada setiap mahasiswa yaitu kreatif, inovatif dan produktif. Ketiganya harus ada semua,” pesan Bupati Hendy.

Selain itu, sebagai seorang yang telah mengenyam pendidikan yang tinggi, seorang mahasiswa sudah harus mempunyai pemikiran yang visioner, tahu apa yang harus dilakukannya ke depan dengan bekal ilmu yang dimiliki.

“Jangan setelah kuliah malah bingung mau ngapain, bingung kerja apa, mau jadi PNS susah. Itu bukan mahasiswa kalau begitu. Justru karena mahasiswa maka inovasinya harus jalan, lihat permasalahan di sekitar rumah Anda, jadilah solusi bagi warga sekitar rumah. Apa yang bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan, sekarang jamannya ekonomi kreatif, buatlah usaha yang kreatif dan mempekerjakan para tetangga Anda, itu baru keren,” pungkasnya.

(Aminudin Aziz) 

(A. Hilmi)