Jakarta, Aktual.com – Komisi IX DPR dengan Ombusman RI akan memanggil Menteri Kesehatan, Organisasi Keperawatan Indonesia, Ikatan Doktor Indonesia (IDI) dan organisasi rumah sakit. Hal tersebut dilakukan untuk membahas kasus pelecehan seksual terhadap pasien, WD oleh perawat di RS Nasional Hospital Surabaya.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Nasdem, Irma Suryani mengatakan, pemanggilan guna meminta keterangan pihak terkait atas kasus pelecehan yang sempat viral di media sosial tersebut.

“Kita Komisi IX bikin Rapat Dengar Pendapat (RDP). Kita panggil Menkes, Organisasi Perawatnya, IDI, manajemen RS (Nasional Hospital Surabaya). Kita minta penjelasan,” kata, Irma Suryani dalam diskusi bertajuk ‘Hospital tanpa Hospitality?’ di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/1).

Dia menjelaskan, selain mendengarkan penjelasan dan keterangan soal pelecehan itu, Komisi IX juga akan menyarankan Badan Pengawas Ramah Sakit (BPRS) agar pengawasan RS dievaluasi.

Apalagi selama ini BPRS diisi oleh para dokter tanpa pengawasan dari pihak lain. “Komisi IX menyampaikan agar dirubah, pengawasan ada tokoh agama, tokoh masyarakat, sehingga pegawasan jelas. Masa jeruk makan jeruk,” ujar Irma.

()

(Andy Abdul Hamid)