Jakarta, Aktual.com – Sebelum membahas tema ini lebih jauh, saya teringat akan sebuah kalimat bijak dari seorang motivator “Jika anda ingin berjalan cepat, pergilah dengan sendiri, Tapi jika anda ingin berjalan jauh anda harus pergi bersama teman anda.” Ini sekali lagi menunjukkan pentingnya sebuah team work apalagi untuk sebuah pekerjaan yang besar.

Untuk itu menemukan anggota tim yang tepat adalah langkah awal yang benar dalam membangun team pemenang. Dan berikut ada 6 kunci dalam membangun sebuah tim pemenang yang hebat yang kami lansir dari action coach Jakarta.

1. Strong leadership (kepemimpinan yang kuat). Ibarat sebuah kapal di dalam mengarungi Samudra yang luas, yang bakal mengalami goncangan ombak yang dahsyat, maka kapal tersebut memerlukan nakoda yang bisa memimpin dan mengarahkan arah dan tujuan agar tidak terombang-ambing, kepimpinan yang kuat bukan berarti harus tampil otoriter, melainkan keputusannya harus bisa ditaati semua pengikutnya. Dalam cara memimpin ini dia juga bisa kepada dua orientasi. Yaitu orientasi pada tugas dan berorientasi kepada perilaku dan dia harus mampu untuk mengombinasikan keduanha jika didalam situasi tertentu.

2. Mengetahui tujuan bersama atau common goal dan perlu diatkan setting goal. Untuk itu sebelum memulai pekerjaan setiap individu perlu dijelaskan visi dan misi perusahaan bila perlu diadakan orientasi pengenalan perusahaan untuk membangun frekuensi yang sama.

3. Ada aturan main yang jelas, dan harus dijalankan dengan tegas. Agar tidak terjadi kecurangan dan keirihatian dari para tim disinilah perlu aturan main yang fair play. Termasuk reward dan punishment. Sebab jika ada yang merasa tidak adil maka akan menjadi pemicu keretakan dalam kekompakan team. Sehingga bisa menjadi bom waktu yang siap meledak suatu saat jika tidak diantisipasi diawal.

4. Adanya lembaran rencana aksi kerja atau action plan. Perlu peta arah dan tujuan target sasaran yang jelas. Karena bisa membantu kerja yang jelas.

5. Suport risk taking. Dukungan dalam setiap mengambil keputusan, termasuk di tengah perjalanan nanti jika akan ada sebuah kondisi dan situasi yang membutuhkan untuk pengambilan keputusan secara cepat. Dan tentu saja keputusan yag baru pasti akan mengalami guncangan di awal. Untuk itu perlu support dari semua pihak agar siap dengan kondisi dan situasi yang berjalan.

6. Melibatkan 100 persen dari seluruh angggota tim. Tidak saja terlibat secara fisik atau kehadiran, akan tetapi juga terlibat dalam bentuk emosional dan pikiran. Kita semua akan merasa senang jika semua tim bisa hadir dalam waktu yang telah ditetapkan apalagi bisa memberikan masukan dan ide serta juga pemikiran.

Selain dengan kompenen komponen diatas untuk menjadi the winning team maka diperlukan lagi dua hal komponen pendukung. Dimana jika dua hal ini kita bisa mengambilnya, maka pergerakan tim akan melesat yaitu bagaimana kita bisa mengambil hati mereka, agar mau terlibat masuk kedalam perusahan secara penuh full power dengan full heart (sepenuh hati) dan yang kedua harus menemukan spirit dan pasion mereka yaitu minat dan semangat orientasi mereka, disinilah letak kecerdasan tim HRD dalam merekrut sebuah tim bisnisnya.

(Ahmad Himawan)

(A. Hilmi)