Jakarta, Aktual.com — Para Cendekiawan Muslim dari seluruh negara Asia dan Pasifik akan berkumpul bersama-sama pekan ini di kota Istanbul, Turki, dalam upaya untuk mencapai persatuan di kalangan umat Islam.

“Tujuannya pengakuan Muslim di negara-negara Asia dan Pasifik, juga bertukar pendapat tentang masalah di pertemuan Islam di seluruh dunia dan mendiskusikan untuk melahirkan solusi, membangun kembali hubungan historis dengan negara-negara Muslim dan masyarakat di wilayah Asia-Pasifik. Selain itu juga membahas peluang kerjasama di pendidikan, agama dan pelayanan,” demikian kata pejabat di Kementrian Urusan Agama Turki (DIB), dilansir dari laman OnIslam, Selasa (13/10).

konferensi tersebut akan dihadiri oleh 125 delegasi dari 37 negara, dari Afghanistan hingga Australia dan negara-negara di wilayah Pasifik.

Di kesempatan yang sama, beberapa sesi akan didedikasikan untuk membahas dampak dari pemikiran baru di dunia Muslim pada komunitas Muslim Asia-Pasifik, masa depan muslim dunia dan ‘Islamophobia’ Muslim.

Untuk diketahui, DIB Turki telah berada di garis depan untuk mendukung solidaritas Muslim di tengah meningkatnya ‘Islamophobia’, serangan teror dan perang di negara-negara Muslim.

()

()