Tiga pesawat jet tempur Sukhoi terbang melintas (fly pass) usai upacara Serah Terima Jabatan Komandan Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin di Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (11/11). Kolonel PNB Bowo Budiarto menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin menggantikan Marsma TNI Nanang Santoso. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc/16.

Jakarta, Aktual.com – Tentara Pembebasan Rakyat China dikabarkan mengirim 27 jet tempur ke wilayah yang telah ditetapkan Taiwan sebagai Area Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ), pada Rabu lalu (3/8).

Menurut pantauan Aktual, Jumat (5/8) dalam akun resmi Kementerian Pertahanan Taiwan di Twitter mengatakan bahwa 27 pesawat PLA memasuki area sekitar R.O.C. pada 3 Agustus 2022.

Pernyataan ini menyebutkan bahwa pesawat patroli militer dan sistem rudal pertahanan udara mengikuti pesawat dan mengirimkan peringatan melalui radio.

Penerbangan dilakukan beberapa jam setelah kunjungan kontroversial Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke pulau itu.

Pelosi sedang dalam perjalanan empat negara ke Asia dan terbang Selasa malam ke Taiwan dari Malaysia perjalanan pertama ke pulau yang diperintah sendiri oleh Ketua DPR AS yang menjabat dalam 25 tahun.

Perjalanannya disambut dengan tanggapan marah dari China, yang meluncurkan latihan militer dan merencanakan latihan empat hari di sekitar pulau itu.

Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri dan sangat mendesak negara-negara lain untuk menghindari hubungan langsung dengan Taipei yang menikmati hubungan diplomatik independen dengan setidaknya 14 negara.

Selain itu, AS tidak mengakui Taiwan sebagai negara yang terpisah tetapi memiliki hubungan ekonomi dan pertahanan dengan pulau itu.

Newt Gingrich dari Partai Republik adalah Ketua DPR AS terakhir yang melakukan perjalanan ke Taiwan, pada 1997.

(Andy Abdul Hamid)