Jakarta, Aktual.com – Pep Guardiola mengaku Phil Foden selalu bisa memberikan performa yang memuaskan dia apa pun posisi yang diisi pemain bertalenta itu.

Foden baru saja menyumbangkan dua gol saat City menang 4-1 atas Brighton & Hove Albion, Minggu dini hari WIB, di Stadion Amex.

“Beberapa pemain memainkan satu posisi, sementara ada juga yang memang memainkan sepak bola,” kata Guardiola dalam laman resmi City.

“Pertanyaannya tidak penting di mana dia dimainkan, dia bisa bermain bagus. Yang terpenting adalah memahami cara main… kadang-kadang kami butuh dia bermain di kanan, kiri, tidak penting,” sambung dia.

Menurut Guardiola, meskipun mengisi posisi natural sebagai gelandang, Foden memiliki kualitas untuk bermain di sepertiga terakhir lapangan.

Pada pertandingan sebelumnya melawan Liverpool pekan lalu, Guardiola juga menilai Foden tampil baik meskipun beberapa kali tidak mengambil keputusan yang tepat saat memasuki kotak penalti lawan.

“Saya menyukai dia sebagai seorang pemain. Dia memenuhi kebutuhan kami pada waktu-waktu tertentu,” kata dia.

“Dia gelandang yang mempunyai insting mencetak gol, satu-satunya yang harus perlu diperbaiki Phil adalah tetap tenang di dalam dan luar lapangan karena dia masih sangat muda,” tutup Guardiola.

Kemenangan atas Brighton mengantarkan City merangsek naik ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 22 poin.

City selanjutnya akan melawat ke markas West Ham United untuk menjalani laga babak 16 besar Piala Liga Inggris Rabu pekan depan, sebelum menjamu Crystal Palace di Etihad tiga hari kemudian

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)