Edinburg, Aktual.com – Semua sekolah di seluruh Western Isles dan Shetland di bagian timur-laut Skotlandia dijadwalkan ditutup pada Jumat (13/11), saat Topan Abigail menerjang dengan angin kencang, demikian laporan media setempat.

Topan yang bergerak dengan cepat membuat “disiapkannya” peringatan cuaca kuning selama tiga jam pada Kamis (12/11) malam, dan diperkirakan mencapai kecepatan 90 mil (sekitar 145 kilometer) per jam. Daerah siaga bencana juga mencakup Orkney dan pantai Skotlandia Utara dan Barat di sebelah utara dari Skye.

“Semua sekolah akan ditutup buat murid-murid, karena ramalan cuaca mengenai angin kencang dan kemungkinan sambaran petir,” kata Dewan Shetland Islands, sebagaimana dikutip Xinhua, Jumat.

Kantor Meteorologi Inggris menyatakan, bagian lain Skotlandia dari bagian utara Central Belt yang dicakup oleh peringatan “awas” kuning mesti mempersiapkan diri untuk menghadapi angin dengan kecepatan 60 mil sampai 70 mil per jam pada saat yang sama, sebagaimana diprakirakan sebelumnya.

Topan yang diperkirakan menerjang sudah membuat beberapa layanan kereta dihentikan pada Kamis dan gangguan besar layanan feri West Coast, dan banyak pembalatan layanan pelayaran termasuk semua layanan di Western Isles pada Jumat waktu setempat.

Peringatan terpisah cuaca buruk dikeluarkan buat hujan lebat dan kemungkinan banjir di seluruh bagian barat-daya Skotlandia mulai Sabtu.

(Ant)

()