Jutaan umat muslim melaksanakan Reuni 212 memadati Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018). Tidak hanya membawa bendera tauhid, para jamaah juga selalu meneriakan takbir “Allahuakbar”, dan melantunkan beberapa salawatan bersama. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) mengapresiasi partisipasi tokoh lintas agama pada acara Reuni 212 di Monumen Nasional (monas), Jakarta pada Minggu (2/12).

Ketua Umum DDII Mohammad Siddik, mengatakan terdapat dukungan tokoh lintas agama Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha yang membantah kekhawatiran bahwa Reuni 212 bersifat sektarian. Dia mengatakan dalam interview, tokoh-tokoh lintas agama memberikan berbagai alasan yang menunjukkan dukungan mereka atas Reuni 212 yang merupakan reaksi atas pelecehan ayat suci Al-Quran oleh mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.

Siddik juga bersyukur pelaksanaan Reuni 212 dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, kegiatan Reuni 212 di Monas, Minggu 2 Desember 2018 berjalan lancar, luber, aman, damai, bersih dan teratur dengan peserta melebihi rencana,” kata dia di Jakarta, Selasa (4/12).

Menurut dia, panitia dan seluruh peserta reuni menunjukkan kedewasaan dan kecerdasan mereka dengan tidak keluar dari ketentuan dan arahan panitia Reuni 212. Dia juga berterima kasih kepada semua aparat keamanan.

“Semoga saling pengertian seperti ini dapat dipelihara oleh semua pihak sesuai dengan prinsip dasar program yang mendorong kerukunan umat beragama,” kata dia.

 

Ant.

()