Jakarta, Aktual.com – Tes pramusim MotoGP di Qatar berakhir dengan sesi yang terganggu oleh kondisi trek berdebu dan berangin kencang sehingga hanya lima pebalap yang mencatatkan waktu pada hari pemungkas, Jumat (12/3).

Pebalap tim Tech3 KTM Danilo Petrucci Sirkuit Losail menjadi yang pertama memberanikan diri melibas kondisi trek yang kurang bersahabat itu, diikuti oleh Pol Espargaro dari tim Repsol Honda.

Test rider Honda Stefan Bradl, Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Brad Binder (KTM Factory Racing) menyusul kedua pebalap ke trek di menit-menit terakhir sebelum bubaran.

Duet tim Monster Yamaha Maverick Vinales dan Fabio Quartararo sempat turun untuk melakukan latihan start dan menguji kopling, tapi tidak mencatatkan waktu.

Catatan 1:58,157 yang dibuat Petrucci hari itu masih kalah jauh dari catatan terbaik selama lima hari tes yang dibukukan pebalap Ducati oleh Jack Miller, yaitu 1:53,183, pada Rabu.

Trio Yamaha, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli menjaga jaraknya kurang dari 0,1 detik dari Miller di peringkat empat besar catatan waktu kombinasi, diikuti pebalap Ducati lainnya, Francesco Bagnaia di peringkat lima.

Para pebalap akan kembali ke Sirkuit Losail untuk sesi latihan bebas Grand Prix Qatar yang akan membuka musim kompetisi 2021 pada akhir pekan 26-28 Maret nanti.(Antara)

(Warto'i)