Jakarta, Aktual.com — Republik Finlandia menjadi sebuah negara Nordik yang terletak di kawasan Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur. Sedangkan, batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat.

Finlandia merupakan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia, yang didalamnya juga termasuk Skandinavia dan juga sebagian Rusia.

Finlandia menjadi salah satu negara di daratan Eropa ini yang memiliki pesona wisata yang menarik. Meskipun, ukurannya cukup kecil, Finlandia yaitu, rumah bagi hampir 200.000 danau.

Salah satu danau yang cukup menjanjikan untuk disinggahi yakni, Danau Paijanne. Danau yang terletak di Finlandia selatan ini adalah tujuan wisata para turis asing. Danau Paijanne tak hanya menawarkan keindahan berupa pemandangan alam khas Eropa, namun kawasan danau ini juga menawarkan wisata Museum, bersama dengan sebuah Gereja yang dibangun pada abad ke-15.

Selain Danau Paijanne, masih banyak wisata lainnya seperti:

1. Hameenlinna
Hämeenlinna terletak di wilayah danau di Vanajavesi. Bukit Hattelmala adalah batas di sebelah selatan Hämeenlinna. Kota ini didirikan oleh Gubernur Swedia, Per Brahe, pada tahun 1639. Kastil bata merah adalah salah satu objek wisata khas kota ini yang terletak di Aulanko Park. Hämeenlinna terkenal sebagai tempat kelahiran komponis Finlandia Jean Sibelius (1865-1957) dan penyair Paavo Cajander (1846-1913).

Di tengah Hämeenlinna terdapat Market Square (Kauppatori). Di sisi timurnya berdiri Gereja Lutheran, dengan patung Paavo Cajander di taman di depannya. Di sisi selatan alun-alun adalah Balai Kota. Pastikan untuk juga mengunjungi Hämeenlinna Historical Museum dekat taman nasional Hämeenlinna. Perjalanan ke Hämeenlinna juga belum lengkap tanpa kunjungan ke kastil di tepi Vanajavesi.

2. Northern Lights
Northern Lights adalah cahaya langit berwarna kehijauan dari arah utara yang jarang muncul di Bumi. Tempat terbaik untuk melihat cahaya ini adalah di Lapland, Finlandia. Antara bulan September dan Maret, banyak wisatawan datang ke Lapland untuk dapat menyaksikan cahaya ini. Berbagai hotel di Finlandia banyak yang melayani khusus untuk orang yang ingin Northern Lights.

3. Helsinki
Helsinki adalah ibukota Finlandia dan kota utama provinsi Uusimaa (Nyland). Kota ini menawarkan berbagai objek wisata yang menarik seperti Museum Nasional Finlandia, Museum Kota Helsinki, Galeri Seni Finlandia, dan lain-lain. Di kota ini banyak ditampilkan pameran seni klasik dan modern. Satu-satunya peninggalan dari masa lalu di kota ini adalah gereja-gereja tua dan beberapa rumah pendeta yang terbuat dari batu abu-abu.

4. Lake Saimaa dan Savonlinna
Savonlinna adalah kota utama dari Finlandia wilayah danau. Kota ini terkenal dengan spa dan resor liburannya. Savonlinna terletak di antara Haapavesi di sebelah utara, dan Pihlajavesi di sebelah selatan. Objek wisata utama Savonlinna adalah Castle Olavinlinna.

Dari Savonlinna, ada perahu wisata ke kota-kota lain di Danau Saimaa, ke Punkaharju. Di sana terdapat Retretti Art Center yang terbesar di negara-negara Nordik, biara-biara Uusi Valamo dan Lintula. Pilihan lain untuk berwisata adalah dengan berlayar menyusuri Canal Saimaa ke Vyborg di Laut Baltik.

5. Archipelago National Park
Tempat ini memiliki percampuran budaya yang sangat unik karena dipengaruhi budaya Finlandia, Rusia, dan Swedia. Di sini udara dan laut relatif tenang. Wisatawan dapat menyewa berbagai jenis kapal, mulai dari perahu layar untuk kayak dan perahu motor.

ANP juga merupakan tempat yang luar biasa untuk menangkap ikan trout yang sangat besar. Sekitar 60.000 orang datang ke taman ini setiap tahun. Pulau-pulau yang paling menarik untuk dikunjungi di taman ini adalah Jurmo, Noto, Uto, Aspo, dan Houtskär.

()

()