Warga mengamankan barang-barang mereka saat eksekusi Penertiban kawasan Pasar Ikan Luar Batang di Jalan Pasar Ikan, RW04, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (11/4/2016). Pemprov DKI Jakarta membongkar sebanyak 853 bangunan di kawasan tersebut dalam rangka revitalisasi kawasan wisata Sunda Kelapa, Museum Bahari, dan kawasan Luar Batang.

Jakarta, Aktual.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar dialog dan silaturahim bersama warga Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, tepatnya di bekas sisa-sisa puing bangunan yang telah dibongkar, Selasa (10/5).

Dari pantauan yang aktual.com, telah hadir beberapa tokoh masyarakat seperti Ketua MUI Maruf Amin, Ustaz Bahtiar Natsir, tokoh politik Fahri Hamzah serta AM Fatwa.

Dalam pertemuan ini Ma’ruf Amin mengatakan bahwa maksud dari kedatangannya adalah untuk mendengar langsung keluhan para warga terkait penggusuran kampung Pasar Ikan dan Akuarium.

“Kita ingin dengar langsung dari warga dan melihat kondisi disini seperti apa,” ucap Ma’ruf di Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (10/5).

Selain sejumlah tokoh, dialog dan silaturahim ini juga dihadiri oleh para jamaah dari beberapa majelis ta’lim.

Warga yang tinggal di tenda ikut merapat ke titik kumpul di bekas bongkaran Pasar Ikan. Rencananya setelah berdialog dengan warga Pasar Ikan dan Akuarium, rombongan lanjut ke Masjid Keramat Luar Batang.

()