Pelatih AS Roma Jose Mourinho bereaksi saat menyaksikan pertandingan Liga Conference Grup C antara AS Roma melawan Zorya Luhansk di Slavutych Arena, Zaporizhzhia, Ukraina, pada 30 September 2021. ANTARA/REUTERS/Valentyn Ogirenko

Jakarta, Aktual.com – Pelatih AS Roma Jose Mourinho mengakui kekalahan telak 1-6 atas Bodo/Glimt di Liga Conference, Kamis malam kemarin akan memberikan dampak kepada anak asuhnya.

“Itu selalu meninggalkan dampak. Saya tidak memiliki keraguan soal itu. Tapi saya sudah berbicara dengan anak-anak di ruang ganti dan saya sudah jujur kepada mereka,” ucap Mourinho dikutip dari situs resmi klub, Jumat.

Meski demikian, pelatih asal Portugal itu mengaku tidak bisa menjelaskan lebih lanjut karena masalah tersebut merupakan privasi di dalam tim.

Mourinho mengatakan di dalam timnya kini kini sudah ada ikatan yang kuat, seperti keluarga, dan juga empati yang mendalam antara satu dengan yang lainnya.

“Mungkin saya tidak bisa jujur dengan Anda, saya tidak bisa membuka terlalu banyak, karena kami berbicara privasi dari sebuah keluarga. Keluarga yang benar-benar memiliki ikatan kuat, empati yang kuat kepada satu sama lain,” jelas Mourinho.

Soal kekalahan atas Bodo/Glimt malam lalu, Jose Mourinho mengaku bertanggung jawab, dan ia mengatakan ada sisi baik dan buruk dari yang telah ia lakukan dalam pertandingan tersebut.

Ia mengaku bertanggung jawab atas susunan pemain yang diturunkannya malam itu karena ia berusaha untuk memberikan kesempatan kepada pemain untuk tampil di pertandingan setelah bekerja keras dalam sesi latihan.

“Saya (yang bertanggung jawab). Saya yang memutuskan siapa yang diturunkan. Ini adalah tanggung jawab saya. Tentu saja saya melakukan itu dengan tujuan baik, untuk dua alasan utama. Dari sisi pertama, saya ingin memberikan kesempatan untuk pemain yang benar-bener bekerja keras tapi tidak memiliki kesempatan untuk bermain,” ungkap Mourinho.

“Dari sisi lainya, menilai dari skuad yang kami miliki dan semua pertandingan yang sudah kami mainkan, saya ingin mengistirahatkan beberapa pemain yang sudah bermain cukup banyak di setiap pertandingan,” sambungnya.

Setelah menelan kekalahan ini, AS Roma turun ke peringkat dua Grup C Liga Conference dengan raihan 6 poin dari tiga laga yang sudah mereka lalui.

Sementara itu, Bodo/Glimt mengambil alih posisi puncak klasemen Grup C Liga Conference dari AS Roma setelah menorehkan 7 poin dari tiga laga.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)