Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. IST

Jakarta, Aktual.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai berhasil dalam mewujudkan transformasi BUMN yang menghadirkan banyak kemajuan. Atas kinerjanya tersebut, Erick Thohir dianugerahi penghargaan Moeslimchoice Award 2022.

Tokoh Pemudah Muhammadiyah, Abdullah Keliobas mengapresiasi kinerja Erick Thohir yang telah berhasil melakukan gebrakan reformasi dan transformasi di tubuh BUMN menjadi semakin profesional.

“Sejak awal Pak Erick dilantik jadi menteri, saya sudah melihat keseriusannya membenahi perusahaan BUMN. Di hari pertama bekerja langsung buat gebrakan bersih-bersih, dia sikat itu bos Garuda, itu yang paling diingat publik,” kata Abdullah lewat pesan tertulisnya, Kamis (15/12)

Abdulkah menyebut Erick Thohir pemimpin bertangan dingin yang mampu membawa perubahan dan kemajuan BUMN. Hal yang paling penting adalah upaya mewujudkan transformasi BUMN secara menyeluruh melalui langkah klasterisasi, holdingisasi, serta penggabungan atau merger.

“Dulu BUMN itu kesannya seperti sapi perah karena gemuk dan banyak. Sekarang sudah berubah dengan gebrakan restrukturisasi dan transformasi yang digagas Erick Thohir,” ujar Abdullah

“Jadi cocoklah kalau saya bilang Erick Thohir itu Bapak Transformasi BUMN, karena sudah membawa wajah baru bagu BUMN,” imbuhnya

Dikatakan Abdullah, Erick Thohir juga membuat kebijakan baru berupa pembuatan laporan tahunan konsolidasi Kementerian BUMN, dan hal ini pertama kali dilakukan di Kementerian BUMN sebagai usaha untuk meningkatkan transparansi dan bentuk pertanggungjawaban pengelolaan BUMN kepada publik.

“Erick Thohir ini bukan hanya merubah organisasi BUMN, tapi juga merubah sistemnya dan itu sangat baik. Seperti laporan konsolidasi, saya melihatnya untuk mengetahui sejauh mana sistem pelaporan keuangan di seluruh BUMN itu terbaca,” ungkapnya.

Hal menarik lainnya dalam kepemimpinan Erick Thohir adalah aksi bersih-bersih BUMN. Bahkan, Erick sendiri yang melapor langsung oknum-oknum yang diduga melakukan korupsi di BUMN, seperti yang terjadi pada kasus Garuda, Jiwasraya, dan Asabri.

“Ini yang paling keren. Erick Thohir pegang kendali aksi bersih-bersih itu. Langkah ini sangat berani dan harus dicontoh oleh Kementerian lain. Ini langkah positif untuk memberikan efek jera kepada koruptor dan tidak boleh tebang pilih. Siapa yang diduga korupsi, langsung disikat habis,” jelasnya.

“Terpenting adalah tetap mempertahankan kerja-kerja inovatif ini agar BUMN tetap sehat dan menghasilkan dividen buat negara,“ tutupnya.

Diketahui, MoeslimChoice Award merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Tokoh-Tokoh dan Lembaga/instansi yang dinilai telah berjasa dan menjalankan tugas serta tanggungjawabnya dengan sangat baik sesuai dengan kapasitas dan bidang mereka masing-masing, sehingga mereka layak menjadi teladan dan inspirasi bagi Umat Islam khususnya dan rakyat Indonesia umumnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Moeslim choice Award 2022, Zulfahmi Jamba mengatakan, Erick Thohir menjadi salah satu menteri yang konsisten memberikan kinerja optimal terutama dalam upaya menaikkan tingkat kesejahteraan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Dia menyebut kebijakan yang diluncurkan telah menciptakan dampak positif signifikan, misalnya seperti tertuang dalam beberapa program, meliputi KUR, Mekaar, Makmur, Sembrani Fund, Merah Putih Fund, Santripreneur, Pesantrenpreneur, Pertashop, Rumah BUMN hingga PaDi BUMN.

“Sehingga para BUMN tersebut mampu menunjukan kinerja yang positif,” jelas Zulfahmi.

Di bawah kepemimpinan Erick Thohir, BUMN berhasil memperoleh kenaikan laba signifikan. Pada 2021 laba BUMN bahkan menyentuh angka Rp124,7 triliun naik 838,2% dibandingkan 2020 Rp13,3 triliun.

Sementara jika melihat secara konsolidasi, pendapatan BUMN di tahun 2021 juga mengalami kenaikan yang signifikan. Naik menjadi Rp2.292,5 triliun atau tumbuh 18,8% jika dibandingkan tahun 2020.

(Tino Oktaviano)