Jakarta, Aktual.com —  Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang ditransaksikan antarbank menguat 41 poin menjadi Rp13.464 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.505 per dolar AS.

“Bank Indonesia (BI) menjaga laju mata uang rupiah diperdagangan valas domestik,” kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa (4/8).

Menurutnya, pemerintah dan Bank Indonesia saat ini terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas ekonomi di tengah tekanan isu global. Hal tersebut membuat psikologis investor menjadi optimis terhadap perkembangan ekonomi nasional ke depan. Selain itu, Pemangku kebijakan juga terus berusaha menjaga laju inflasi sehingga pada akhir tahun stabil di angka empat persen plus minus satu persen.

Dalam berbagai kebijakan, pemerintah pusat dan daerah melalui pembangunan infrastruktur, serta pendalaman pasar keuangan diharapkan mampu menghasilkan efek yang positif bagi perekonomian domestik.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Selasa (4/8) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah menjadi Rp13.495 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.492 per dolar AS.

(Ant)

(Eka)