Sebuah bajaj BBG digunakan untuk mudik melintasi jalur jalan Raya Kalimalang, Jakarta, Jumat (23/6/2017). Sejumlah pemudik menggunakan kendaraan khas ibukota untuk pulang kampung, sehingga menjadi perhatian warga daerah karena keunikannya. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Edison Sianturi mengatakan pihaknya akan melakukan pendataan pemudik yang kembali datang ke Ibukota setelah merayakan Lebaran di kampung halaman.

Pendataan pendatang tersebut kata Edison rencananya akan dimulai sejak hari ini Kamis 29 Juni hingga Senin 10 Juli 2017 mendatang.

Pendataan kata dia dilakukan dengan menggandeng posko terpadu dari Kementerian Perhubungan. Dari pendataan tersebut nantinya akan diketahui berapa jumlah pemudik yang kembali ke Ibukota.

“Jadi nanti jumlah pemudik saat arus mudik dan arus balik akan dilihat perbedaan angkanya,” jelas Edison di Jakarta, Kamis (29/6).

Selain itu kata dia pendataan ini juga akan dipantau dari sejumlah pintu masuk atau kedatangan pemudik seperti terminal, stasiun, bandara, serta pelabuhan yang ada di Jakarta.

“Jadi selama 10 hari kami pemantauan dan monitoring, serta pendataan arus balik di titik-titik kedatangan,” ungkap Edison.

Pihaknya kata dia memiliki pola 10-7-7 untuk mengetahui jumlah para pemudik. Di mana selama 10 hari dilakukan pemantauan. Tujuh hari berikutnya didiamkan dahulu. Kemudian pada tujuh hari berikutnya akan dilakukan oleh bina kependudukan.

(Bawaan Situs)