Cibinong, Aktual.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menilai arus mudik yang terjadi di Jalur Puncak sudah selesai karena arus lalu lintas mulai kembali normal.

“Ini terlihat pada ruas Jalan Simpang Gadog, Ciawi, dan sekitarnya yang kembali normal. Pemudik sudah menuju pada daerah Cianjur maupun Bandung,” kata Kepala Bidang Pengawasan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Bisma Wisuda di Cibinong, Kamis (14/6).

Menurut dia hal tersebut dapat terlihat pada Gerbang Tol (GT) Gadog, Ciawi, Cibinong, dan Sentul yang di ruas jalannya terpantau lancar.

Itu hanya terlihat tiga hingga lima kendaraan yang melewati ruas jalan tol. Namun untuk kendaraan roda dua yang biasanya berkumpul di SPBU sudah tidak tempak kumpulan sepeda motor lagi.

Pasalnya saat ini untuk kendaraan roda empat melaju dengan kecepatan rata-rata 70 kilometer per jam. Sedangkan kendaraan roda dua melaju dengan kecepatan 60 hingga 80 kilometer per jam.

Dengan adanya itu dapat dinyatakan bahwa puncak arus mudik pada H-2 (13/6) dengan kapasitas kendaraan mencapai puluh ribuan.

Ia menambahkan dalam arus balik mendatang Dishub Kabupaten Bogor, bersama aparat gabungan akan menyiagakan sembilan posko guna melayani kepentingan pemudik yang hendak kembali untuk melanjutkan aktivitas harian.

Tetapi dalam hal ini meminta untuk tetap menjaga kondisi kendaraan dengan melakukan pengecekan (servis).

Masyarakat diimbau untuk menjaga kondisi tubuh untuk melakukan perjalanan pada arus balik Lebaran 1439 Hijriah.

Bisma mengimbau para pemudik yang hendak balik agar tetap berhati-hati mengemudikan kendaraannya agar terhindar bahaya lalulintas.

 

Ant.

()