Jakarta, Aktual.com – Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dibuat geram sejarawan JJ Rizal. Terkait twit Rizal yang menyebut wilayah tempat tinggal Ahok merupakan daerah resapan air sehingga layak untuk digusur sebagaimana Kampung Pulo.

Seperti ‘kebiasaan’ Ahok saat kesal, kata-kata kasar pun dilontarkan dari mulut sang gubernur Jakarta itu. Kepada awak media, Ahok enteng saja sebut Rizal ‘goblok’ lantaran tidak mengerti posisi rumahnya.

Sebab kata Ahok, daerah yang termasuk kawasan hutan bakau dan resapan air adalah Pantai Indah Kapuk (PIK). Sedangkan rumah dia ada di Pluit. “Dia (Rizal) goblok, isu itu tuh adanya di Pantai Indah Kapuk (PIK). Dia nggak bisa bedain PIK dan Pluit,” ujar Ahok di Balai Kota, Jumat (21/8) kemarin.

Sedangkan wilayah rumahnya bukan daerah resapan air. Kata Ahok, buktinya di situ ada Pelabuhan Zam-zaman. “Yang punya saya, Muara Angke Muara Baru. Kalau gitu (disebut resapan air) Pelabuhan Zam-zaman kena juga dong. Makanya dia nggak ngerti,” ujar dia.

Ahok pun menantang Rizal untuk diskusi sejarah Jakarta, khususnya di wilayah pesisir utara Jakarta. “Makanya kalau mau nanya Pluit tanya gue biar agak pintar jelas. Kasihan kalau terlalu goblok,” kata dia pongah.

Sebelumnya, Rizal Kamis (20/8) lalu lewat twitnya menuding kawasan perumahan Ahok diperuntukkan sebagai hutan bakau dan daerah resapan air. Dia menuding Ahok pro perusahaan pengembang dan tidak pada rakyat miskin.

“Ahok gusur dong rumahnya karena di lahan utan mangrove yg dijadikan hunian mewah dan akibatkan penurunan tanah, banjir rob baru bela yang benar,” tulis Rizal.

()