Jakarta, Aktual.com – Ditanya soal dugaan adanya aliran dana ke barisan ‘penggemarnya’ di TemanAhok, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) malah terkesan cuci tangan.

Padahal dana itu disebut-sebut diberikan pengembang reklamasi Teluk Jakarta lewat staf khusus Ahok, Sunny Tanuwidjaja dan lembaga survei pendukungnya, Cyrus Network.

Ditemui di Musda DPD Golkar DKI, Minggu (19/6), Ahok mengatakan soal itu lebih baik ditanyakan kepada TemanAhok dan bukan kepada dirinya. Dia juga menyebut tudingan yang awalnya dilontarkan politisi PDI-P Junimart Girsang saat rapat bersama pimpinan KPK di Komisi III DPR RI itu sebagai fitnah.

“Tanya mereka (TemanAhok) aja. Kalau fitnah keluarin kayak gitu saya nggak tahu. Buktinya bagaimana, tanya sama mereka,” kata Ahok.

Saat dilontarkan pertanyaan yang sama sebelumnya di Balai Kota DKI, Ahok naik pitam dan mengusir wartawan yang bertanya.

Seperti biasa, Ahok tentu klaim dirinya bersih, jujur dan tidak korup. Dan seperti biasa pula dia balik tuding pernyataan Junimart sarat kepentingan politis untuk menjelek-jelekkan dirinya. Sama dengan tudingan soal kasus Sumber Waras.

Satu pertanyaan lanjutan menanggapi sesumbar itu pun membuat kemarahan Ahok tidak tertahan lagi. “Berarti tidak ada pejabat lain yang sehebat bapak?” tanya si wartawan.

Kebiasaan menuding pun kembali diperlihatkan Ahok sebagai seorang gubernur. Yakni dengan mengatakan pertanyaan si wartawan coba adu domba dirinya, sekaligus secara implisit katakan kalau dirinya tidak jujur. “Maksud saya enggak usah ngadu domba, saya cuma minta bandingkan, untuk punya pikiran. Anda kan menuduh saya tidak jujur,” ucap Ahok.

Dia pun sesumbar karena jujur maka dirinya berani menantang satu republik. Baca: Ditanya Aliran 30 Miliar ke TemanAhok, Ahok Arogan Usir Wartawan

Tidak berhenti di situ, dalam amuknya, gubernur yang mengaku bersih ini juga melarang si wartawan lakukan peliputan di Balai Kota. Mulai dari bertanya dari koran apa, Ahok sambil marah minta media tidak usah menekan dia. “Saya tidak pernah takut,” ujar dia.

()