Sebelumnya Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi meminta agar pihak ANTV untuk berbesar hati, lantaran laporan MUI terkait program Pesbukers yang diminta untuk berhenti.

Dalam jumpa pers di kantor pusat MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019), Masduki meminta agar ANTV mencoba memperbaiki programnya yang memang memiliki rating yang tinggi.

“Saya kira kita perlu berbesar hati dengan apa yang kami sampaikan kepada teman-teman ANTV, karena seluruh rangkaian acara pada ANTV tidak semuanya tidak bagus. Banyak yang bagus. Kalau ada hal yang tidak bagus tapi dapat ratingnya tinggi saya kira itu diperbaiki secara konten,” ujar Masduki.

Dalam kesempatan itu, MUIi mengevaluasi program Ramadhan di seluruh stasiun televisi nasional Indonesia, yakni Pesbuker Ramadan dan Sahurnya Pesbuker Antv, serta Sahur Seger, Bukbernya Wo Banget dan Gado-Gado Sahur TransTV.

Menurutnya,  MUI tidak memiliki hak untuk menutup program televisi yang dianggap memuat konten negatif, sebab MUI bukan lembaga yang diberi kewenangan oleh negara untuk menutup program di televisi tertentu.

Namun Masduki berharap dengan adanya evaluasi, seluruh tayangan khususnya tayangan Ramadan sesuai dengan ajaran agama Islam.

(Abdul Hamid)