Jakarta, Aktual.co — Satu kapal yang membawa 458 penumpang tenggelam pada Senin malam (1/6) di Wilayah Hubei di Sungai Yantze, Tiongkok. Kapal itu, yang bernama Dongfangzhixing (Bintang Timur), tenggelam sekitar pukul 21.28 waktu setempat di Wilayah Jianli, Provinsi Hubei di Sungai Yangtze, kata dinas pelayaran Sungai Yantze. Demikian seperti dilansir laman Reuters, Selasa (2/6).
Kapten dan kepala ruang mesin kapal tersebut, yang telah diselamatkan, menyatakan kapal itu tenggelam dengan cepat setelah diterjang topan.
Kapal tersebut sedang melakukan pelayaran deari Nanjing, Ibu Kota Provinsi Jiangsu di Tiongkok Timur, menuju Kota Chongqing di bagian barat-daya negeri itu.
Ada 405 penumpang Tionghoa, lima pekerja dinas perjalanan dan 47 anggota awak, kata dinas pelayaran, sebagaimana dilaporkan Xinhua. Delapan orang telah diselamatkan.
Presiden Tiongkok Xi Jinping telah memerintahkan satu tim keraj Dewan Negara segera berangkat ke lokasi kecelakaan untuk memimpin upaya pencarian dan pertolongan, dan memerintahkan pihak terkait di Hubei, Chongqing, agar melakukan upaya pencarian dan pertolongan sekuat mungkin serta menangani akibat dari kecelakaan tersebut secara layak.
Kegiatan pertolongan terhambat oleh angin kencang dan hujan lebat.

()